Kamis, 13 Juni 2013



MATA KULIAH : TEKNIK EVALUASI PEMBANGUNAN
 EVALUASI PROGRAM PEMBANGUNAN JALAN PEDESAAN
STUDI KASUS : POLEWALI MANDAR, SULAWESI BARAT  dengan alat analisis : (Multi Criteria Evaluation) MCE.




OLEH :
MOHAMMAD. FIKRI EKA SETIAWAN
( 36. 09. 100. 007 )



INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER
FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN
PROGRAM STUDI PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA
SURABAYA, TAHUN - 2013
 



Latar Belakang Pembahasan
Kemiskinan di wilayah pedesaan indonesia masih tinggi dan ditandai dengan adanya kerentanan, ketidak berdayaan, keterisolasian, dan ketidak mampuan penduduk pedesaan untuk dapat menyampaikan aspirasi ke pemerintah atau instansi pemerintah di desannya. Untuk mengatasi kemiskinan, diperlukan usaha pembangunan aktivitas dan kegiatan perekonomian, dan pembangunan fisik seperti infrastruktur didaerah pedesaan. Jalan pedesaan adalah salah satu upaya membuka keterisolasian wilayah pedesaan dari sumber-sumber informasi dan penghubung ke pusat-pusat produksi dan tempat-tempat distribusi/pemasaran. Selain itu, jalan perdesaan memudahkan jangkauan penduduk ke pusat-pusat pelayanan sosial dan budaya seperti: sarana pendidikan (sekolah), kesehatan (puskesmas,posyandu), dan ibadah.  Jalan pedesaan dianggap menjadi kunci pertumbuhan ekonomi yang dapat mengangkat harkat dan martabat masyarakat perdesaan dari kemiskinan dan kebodohan. Oleh karena itu, pembangunan jalan pedesaan dapat menjadi batu loncatan untuk meningkatkan kesejahteraan dan memberikan kesempatan kerja kepada masyarakat pedesaan. Dewasa ini, pemerintah mulai memperkenalkan program pembangunan yang melibatkan masyarakat dimulai dari tahapan pengusulan kegiatan/proyek sampai dengan pemeliharaannya.

Salah satu program dengan pelibatan masyarakat yang telah dilaksanakan oleh pemerintah adalah PPIP (Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan). Peneliti terdorong untuk melakukan evaluasi dan perbandingan dengan pengerjaan oleh pihak ketiga, khususnya untuk penngarap proyek maupun pengadaan proyek  pembangunan jaringan jalan perdesaan. Selain itu, peneliti juga akan mengkaji sejauhmana PPIP telah berkontribusi dalam meningkatkan aksesibilitas masyarakat menjalankan aktivitas sosial, ekonomi, dan budayanya. Penelitian dilakukan di Desa Kuajang, Mammi dan Mirring, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat. Wilayah tersebut dipilih karena saat ini kondisi aksesibilitas dan infrastruktur seperti,  jalan antar desa semakin baik sejak masuknya proyek PPIP(Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan), didaerah Provinsi Sulawesi Barat tepatnya, di pedesaan Mammi dan Mirring, Desa Kuajang ini.




Pengertian dari infrastruktur dalam program pembangunan jalan pedesaan menurut sumber dari Wikipedia tahun (2010), infrastruktur yang ada didaerah pedesaan harus dan wajib untuk dibangun karena merupakan bagian dari sistem transportasi yang penting disuateu daerah pedesaan dengan adanya sistem transportasi dan infrastruktur seperti pembangunan jalan ini dapat memindahkan masnusia atau barang dari satu tempat ke tempat yang lainnya dengan menggunakan beberapa suatu transportasi atau kendaraan yang akan digerakkan oleh manusia dan mesin jalan adalah merupakan suatu kebutuhan yang paling vital didaerah pedesaan infrastruktur seperti adanya transportasi dasar fisik pengorganisasian untuk sistem dan struktur yang diperlukan dan serta dibutuhkan untuk layanan dan fasilitas-fasilitas disektor publik maupun privat seperti contohnya : jalan umum, bandara udara, stasiun kereta api, dan danau atau waduk. Untuk pengelohan limbah, listrik, pematusan dan lainnya dalam rangka untuk saling mendukung kelancaran suatu aktivitas dan kegiatan perekomian disuatu daerah pedesaan di desa kuajang, polewali mandar, sulawesi barat.

Dalam beberapa pengertian, istilah dalam infastruktur termasuk dalam fasilitas infrastrukturnya yaitu adalah kebutuhan dasar dari sosial dan dari dasar kebutuhan antara lain seperti : sekolah, bekerja, dan rumah sakit (R.S), dengan kata yang lain infrastruktur dapat diartikan sebagai kebutuhan fisik bagi masyarakat didaerah pedesaan terhadap sistem jalan yang memadai, layak, dan baik yang berupa, sarana dan prasarana seperti jalan arteri/utama, jembatan, dan drainase  yang menuju dan menghubungkan ke kota dari desa kaujang, poleweali mandar, provinsi sulawesi barat. Sebagai untuk kelengkapan serta sarana dan prasarana jalan desa didaerah pedesaan yaitu, didesa kaujang, polewali mandar, sulawesi barat. Seperti adanya transportasi umum, lampu jalan (PJU), dan median jalan yang akan melengkapi jalanan pedesaan tepatnya didesa kaujang, polewali mandar, sulawesi barat. Untuk melengkapi kebutuhan yng mengubungkan antara desa kaujang dan kota dipolewali mandar diberikan beberapa alternatif seperti berikut :
a)       Sistem pertransportasian pedesaan didesa kaujang, polewali mandar.
b)       Adanya penambahan jalan pedesaan dan infrastruktur desa dan pengkonstruksian.
c)       Pemberdayaan masyarakat pedesaan didesa kaujang, polewali mandar.

d)       Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan (PPIP) didesa kaujang, polewali mandar, sulawesi barat.
e)       Penggunaan untuk evaluasi pembangunan  menggunakan Multi Character Evaluation (MCE).

Sumber : Bachri N. Tahun 2010. Evaluasi Pembangunan Jaringan Jalan di Polewali Mandar, Sulawesi Barat.      
Analisa dan Permasalahan Studi Kasus
Untuk peningkatan infrastruktur seperti jalan desa didaerah desa kaujang, polewali mandar, provinsi sulawesi barat ini berguna dan banyak memilki manfaat yang begitu besar dalam pemanfaatan serta peningkatan jalan desa yang dibangun oleh pemerintah polewali mandar, sulawesi barat. Sebelum adanya peningkatan dan pembangunan jalan desa oleh pemerintah sulawesi barat warga atau masyarkat yang tinggal didesa kaujang itu sendiri sulit untuk mengakses untuk kekotanya dikarenakan sebelum ada jalan desa dipedesaan kaujang sendiri warga atau masyarakat memutar arah sekitar ± 3 s/d 5 Km, untuk menuju jalan yang menuju kota sekitar maka dari itu pemerintah membangunkan serta meningkatakan jalan desa yang dibangun dipedesaan kaujang ini. Sehingga aksesibilitas menuju kota lebih cepat dan mudah sekali untuk diakses oleh warga atau masyarakat sekitar yang tinggal dipedesaan kaujang, polewali mandar ini.  
serta bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan maupun warga dari luar kota ataupun dari luar wilayah pedesaan kaujang dan disekitarnya, kondisi jalan yang berada di daerah pedesaan kaujang maupun wilayah studi kasus ini telah mengalami peningkatan banyak untuk dimanfaatkan saat ini yang terselenggara sejak adanya PPIP. Peningkatan infrastruktur seperti jalan pedesaan ini memiliki masing-masing desa yang secara jelas dapat disajikan dengan data dan tabel seperti dibawah ini :  
Tabel 1.1 Peningkatan kondisi jalan setelah PPIP tahun 2009-2010, di Desa Kaujang.
No.

Jenis infrastruktur desa
Jumlah
PPIP tahun. 2009
PPIP tahun. 2010

§  Jalan rabat beton
§  Perintisan jalan
§  Pengerasan jalan dan talud
§  Jembatan kayu

§  Plat duicker

§  Gorong-gorong
406 m
200 m
-

16 m

16 Unit

2 Unit
440 m
-
578 m
-

3 Unit

2 Unit
       Sumber : PPIP tahun 2009 s/d tahun 2010 Desa Kaujang, Polewali Mandar, Sulbar.
Kegiatan yang berada PPIP pada saat tahun 2009 dan tahun 2010 yang dimilki oleh desa kaujang telah ada perbaikan sehingga masyarakat dapat menjalankan roda perekonomian dan kegiatan atau aktivitas sehari-harinya terutama pada aksesibilitas bagi masyarakat desa kaujang sendiri yang dahulunya jalan tanah atau makadaman sekarang menjadi beraspal atau berpaving block.   
Tabel 2.1 Peningkatan kondisi jalan setelah PPIP tahun 2009-2010, di Desa Mammi.
No.

Jenis infrastruktur desa
Jumlah
PPIP tahun. 2009
PPIP tahun. 2010

§  Jalan rabat beton

§  Pengerasan jalan dan talud

§  Plat duicker


§  Gorong-gorong
836 m


-

5 Unit


-
440 m


800 m

-


2 Unit
       Sumber : PPIP tahun 2009 s/d tahun 2010 Desa Mammi, Polewali Mandar, Sulbar.
Di Desa Mammi yang terletak didaerah kabupaten polewali madar, sulawesi barat pada umumnya ditingkatkan dan diperbaiki untuk peningkatan jalan yang digunakan sebagai infrastruktur bagi warga atau masyarakat sekitar desa mammi. Agar mudah diakses untuk menuju ke kota dan penigkatan jalan di desa mammi ini sendiri menjadi status dengan jalan rabat beton, jalan sirtu (Makadaman), dan paving block. Total panjang yang dikerjakan oleh pemerintah selama masa pembangunan 2009 s/d 2010 adalah 2,1 Km yang dahulunya adalah jalan tanah dan berlumpur.
Penyebaran angket atau kuisioner kepada 161 respondent yang akan dilakukan untuk dapat mengetahui tentang pendapat masyarakat mengenai kondisi jaringan jalan yang berada dipedesaan tepatnya diwilayah studi ini dalam pembahasan tugas kuliah yaitu dilihat dari pendapat masyarakat yang akan dikelompokkan sebagai berikut ini yaitu :
Mudah = Aktivitas lancar dan cepat serta tidak adanya hambatan dari perjalanan yang akan ditempuh oleh masyarakat.
Sedang = Aktivitas lancar dan cepat tetapi, terdapat sedikit yang menghambat perjalanan, misalnya : jalanan kutrng mulus dan bergelombang.
 Kurang = Aktivitas belum lancar, nyatanya malah mlambat, banyak sekali hambatan dalam perjalanan dan pada hujan atau musim hujan tidak bisa dilalui. 
Sulit = Aksesibilitas jalan yang dilalui masyarakat masih berupa jalan dengan tanah, sulit sekali untuk dilalui dengan kendaraan massal atau roda empat dan roda dua pada musim hujan turun tidak bisa dilalui dan dilewati jalanan ini.

Dari hasil pengolahan data kuisioner dan penyebaran angket kepada 161 respondent dari kedua desa bahwa dapat ditunjukkan aksisbilitas dan kegiatan, aktivitas, dan budayanya masyarakat “Sedang” sampai “Mudah” baik yang digunakan oleh masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan menggunakan kaki atau berjalan kaki, sepeda angin, sepeds motor, maupun dengan menggunaakan mobil. Akan tetapi, aksesibilitas yang akan ditempuh menjadi sarana rekreasi yang dianggap kurang menarik dikarenakan dan sebabkan oleh adanya prioritas pembangunan jalan pedesaan yang lebih diarahaka pada pembangunan jalan pedesaan di Desa Kuajang dan Desa Mammi ini yang terletak diwilayah studi ini yaitu di polewali mandar sulawesi barat.
Pada bagian analisa dan pembahasan masalah ini dapat diberikana salah satu contoh analisis MCE yang akan diuraikan nantinya dari hasil penelitian studi kasus ini dengan beberapa tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Dinas maupun Instansi pemerintahan dari polewali mandar secara teknisnya (dalam hal ini diwakili oleh Dinas Pekerjaan Umum P.U. Bina Marga provinsi maupun kabupaten). Untuk menangani pekerjaan seperti infrastruktur dan jaringan jalan dipedesaan yang sama yaitu, Desa Kaujang dan Desa Mammi, Polewali Mandar.
Hasil analisis dengan menggunakan MCE dapat diuraikan sebagi berikut :  
a.    Perencanaan :
Dalam hal ini tahapan perencanaan dapat melakukan analisis dan perbandingan antara kegiatan perencanaan PPIP dengan perencanaan pekerjaan yang akan dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum (P.U Bina Marga), dan yang akan menilai dari beberapa aspek untuk identifikasi masalah dan usulan dari progam-program yang dilaksanakan, teknis untuk mendesain, gambaran rencana desain.ketersediaan lahan dan juga biaya untuk perencanaan dengan hasil analisis sebagai berikut ini :  
Aspek dan kegiatan
PPIP
Dinas Pekerjaan Umum (P.U)
Identifikasi masalah & usulan program
3
2
Teknis desain
1
3
Gambar recnana desain
1
3
Ketersedian lahan
3
1
Biaya perencanaan
3
2
Sumber PPIP tahun 2009 dan 2010 Sulbar.
Evaluasi suatu proyek atau pembangunan progrtam dari pemertintah menggunakan Evaluasi multi-kriteria (MCE) yang akan dilakukan terhadap ke-lima aspek yang memilki tahap-tahapan dalam melaksanakan perencanaan seperti diatas ini dan memiliki output atau hasil dari evaluasi pmbangunan program, proyek dan lainnya yang dapat disajikan dalam bentuk diagram batang sebagai berikut ini :   
Tahapan Perencanaan :
Contoh : Diagram batang untuk tahapan perencanaan mengunakan metode MCE dan digunakan untuk evalusi pembangunan atau proyek.
b.    Pelaksanaan :
Dalam pelaksanaan dilakukan analisis dan perbandingan antara kegiatan pelaksanaan PPIP didaerah polewali mandar, sulawesi barat dengan pelaksanaan dari DinasPekerjaan Umum  yaitu Bina Marga yang akan memiliki penilaian dari aspek-aspek metode pelaksanaan, dalam waktu pelaksanaan program, pembangunan, dan proyek. Untuk  digunakan sebagai biaya pelaksanaan, tenaga kerja, bahan material dan lainnya. Untuk dapat membantu berjalannya pembangunan suatu program pemerintah dalam mengamil beberapa hal untuk menentukkan keputusan dan tahapan pelaksanaan yang terbaik dan sesuai dengan krieria ataupun prosedur dari kebijakan yang ada dan ditetapkan untuk memenuhi kriteria dalam penilaian yang telah dijelaskan pada tahap sebelumnya. Dari kelima aspek dalam tahapan pelaksanaan pembangunan suatu program yang akan dikumpulkan dalam satu matriks.  


c.    Pengawasan :
Dalam tahapan pengawasan dilakukan juga analisis dan perbandingan antara kegiatan pengawasan melalui PPIP dari daerah polewali mandar, sulawesi barat dengan melalui pengawasan dari Dinas Pekerjaan Umum yang akan menilai program pembangunan yang akan dilakukan serta dilaksanakannya program ini dari beberapa aspek-aspekorganisasi pengawasan, dari pembiayaan, pengawasan, frekuensi pengawsan dan kualitas pekerjaan. Untuk dapat membantu dalam pengambilan keputusan atas tahapan yang pengawasannya terbaik sesuai dengan kriteria penilaian yang telah dijelaskan pada sebelumnya yaitu dari kekmpat aspek dan tahapan pengawasan yang dikumpulkan sebelumnya.


                                                                                                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar